Read more: http://danker-corporation.blogspot.com/2013/05/membuat-blog-anti-copy-paste_10.html#ixzz2WZpvvZja Dimas Reza Handika Prabowo: TCP/IP dan FTP

Pages

Monday 23 June 2014

TCP/IP dan FTP





Pada dasarnya untuk mengkoneksikan internet membutuhkan beberapa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Selain itu kita membutuhkan protocol untuk sebuah jaringan data, karena itu protocol menjadi sebuah elemen penting dalam dunia jaringan internet.


TCP/IP
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Perkembangan TCP/IP yang diterima luas dan praktis menjadi standar de-facto jaringan komputer berkaitan dengan ciri-ciri yang terdapat pada protokol itu
sendiri yang merupakan keunggulun dari TCP/IP, yaitu :Perkembangan protokol TCP/IP menggunakan standar protokol terbuka sehingga tersedia secara luas. Semua orang bisa mengembangkan perangkat
lunak untuk dapat berkomunikasi menggunakan protokol ini. Hal ini membuat pemakaian TCP/IP meluas dengan sangat cepat, terutama dari sisi pengadopsian oleh berbagai sistem operasi dan aplikasi jaringan.
Tidak tergantung pada perangkat keras atau sistem operasi jaringan tertentu sehingga TCP/IP cocok untuk menyatukan bermacam macam network, misalnya Ethernet, token ring, dial-up line, X-25 net dan lain lain.
Cara pengalamatan bersifat unik dalam skala global, memungkinkan komputer dapat mengidentifikasi secara unik komputer yang lain dalam seluruh
Panduan Lengkap Membangun Server Menggunakan Linux SuSE 9.1jaringan, walaupun jaringannya sebesar jaringan worldwide Internet. Setiap komputer yang tersambung dengan jaringan TCP/IP (Internet) akan memiliki address yang hanya dimiliki olehnya.

FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol tertua yang pernah ada di Internet. Namun demikian, FTP tetap menjadi jenis layanan yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna Internet, terutama untuk mendownload software atau hal-hal lain. File Transfer Protocol [FTP] telah ada semenjak dua puluh tahun di sejarah internet, sehingga protokol ini sudah memiliki standard yang baik. Banyak cara lain yang datang dan pergi, tetapi FTP merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengirimkan file melalui internet.FTP menjadi sebuah elemen penting dalam internet sehingga akan sangat merugikan jika tidak menyediakan fasilitas yang mendukung FTP sebagai bagian dalam situs Anda.

Kesimpulannya adalah bahwa untuk mendapatkan sebuah komunikasi data internet kita membutuhkan sebuah protocol dan perangkat internet baik itu hardware maupun software,oleh karena itu protocol dengan cepat mengalami perkembangan karena menggunakan standar protocol terbuka sehingga tersedia secara luas. Namun protocol dapat menjadi negatif jika digunakan untuk menghacking,cracking,kejahatan cyber dan penjiplakan suatu data di internet, namun semua itu tergantung dari si pemakai internet tersebut.

Referensi Tambahan :

No comments:

Post a Comment